Kode script ChatBox Anda atau bisa diganti dengan kode widget atau apa sajalah terserah.....
ChatBox
Headlines News :
Home » » Program KB Sukses, Bupati diusulkan dapat Satya Lencana

Program KB Sukses, Bupati diusulkan dapat Satya Lencana

Written By Unknown on Sunday, June 9, 2013 | 7:38 PM

 Keberhasilan program Keluarga Berencana (KB) di Kabupaten Wonosobo mendapat apresiasi tinggi dari Pemerintah Republik Indonesia. Wujud apresiasi terhadap keberhasilan program pengendalian pertumbuhan jumlah penduduk itu akan diwujudkan dalam bentuk penghargaan tertinggi dari Presiden Republik Indonesia, yaitu Satya Lencana Wira Karya (SLWK).

Sebagai tahapan awal dari diterimanya SLWK tersebut, Rabu 29 Mei 2013, tim verifikasi dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengunjungi Wonosobo, dan bertatap muka langsung dengan Bupati Wonosobo, HA Kholiq Arif, di rumah dinas.

Kepada tim yang diketuai oleh Sugiyatno tersebut, Bupati memaparkan berbagai elemen pendukung keberhasilan program KB di Wonosobo. Menurut Bupati, selain dorongan dari Pemerintah Kabupaten, partisipasi masyarakat juga luar biasa. Bahkan, dari warga Desa Rejosari, Kecamatan Kepil, slogan KB yang selama ini dikenal Dua Anak Cukup, kini berkembang lebih menarik, yaitu “Satu Anak Lebih Baik dan Lebih Sejahtera”.


Menurut Bupati, slogan tersebut sangat ampuh menahan laju kelahiran, sehingga berimbas positif terhadap keberhasilan program KB. Partisipasi dan kesadaran masyarakat juga semakin memudahkan para petugas penyuluh untuk  mengampanyekan pentingnya memakai alat kontrasepsi, bagi pasangan yang telah memiliki dua anak.

Kiat lain yang juga tengah dijalankan adalah upaya menambah tenaga penyuluh lapangan (PLKB). Bila saat ini baru ada 74 PLKB, yang berarti rasio penyuluh per desa adalah 1 : 3,5, maka Bupati akan mengupayakan terwujudnya 1 Penyuluh, maksimal dua desa.

Bahkan di kelurahan tertentu, Bupati meminta agar ada dua penyuluh, agar akselerasi pertambahan akseptor semakin cepat. Metode refungsionalisasi PNS akan digunakan untuk penambah PLKB ini. Dengan refungsionalisasi tersebut, Pemkab mendorong agar PNS di SKPD beralih tugas dan fungsi menjadi PLKB.

Namun Bupati juga meminta agar Kepala BKB Wonosobo, Junaedi SKM MKes, yang juga hadir dalam kesempatan itu, untuk melakukan seleksi secara benar, demi mendapat PLKB yang berkualitas. Untuk sarana dan prasarana pendukung, Bupati menyebutkan, bahwa setiap PLKB telah didukung oleh kendaraan roda dua yang representatif, dilengkapi KB Kit.

Dengan berbagai upaya tersebut, Bupati menerangkan bahwa jumlah akseptor di Kabupaten Wonosobo selalu bertambah secara signifikan. Dari data di akhir 2012, jumlah akseptor menunjukkan pertumbuhan hingga mencapai 108% dari target yang ditetapkan.

Secara prosentase, rasio jumlah akseptor dengan  jumlah pasangan usia subur sudah mencapai angka 82,07 %. Sisa sekitar 18 % itulah yang saat ini terus digenjot agar dapat meningkat hingga 100%.

Menanggapi paparan Bupati tersebut, ketua tim verifikasi, Sugiyatno menyatakan, Bupati sangat layak menerima SLWK dari Presiden RI. Hanya saja, sebagai tim, pihaknya masih harus melaporkan kepada Dewan Pertimbangan, sebelum kemudian dilakukan pembahasan lebih lanjut untuk diusulkan kepada Presiden RI.


Penerimaan satya lencana wira karya tersebut direncanakan pada akhir Juni 2013, bertepatan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional di Kendari, Nusa Tenggara Timur.**Kontributor Humas Setda Wonosobo**
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

KEPALA DUSUN : Aufa Mujtahid

KEPALA DUSUN : Aufa Mujtahid
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. DUSUN GADINGAN - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template